Kamis, 15 September 2016

Aplikasi Perhitungan Gizi Android (Ns Andro)

Pada postingan sebelumnya, saya telah membahas sedikit tentang pemanfaatan teknologi dalam dunia gizi. Salah satunya adalah penggunaan hp untuk membantu ahli gizi melaksanakan tugasnya. Bagi yang belum membaca, bisa melihatnya di sini. Pada postingan kali ini, saya akan membahas salah satu program atau aplikasi gizi yang dibuat khusus untuk Android, yaitu Ns Andro.

Ns Andro merupakan aplikasi pertama yang diluncurkan oleh Nutrisoft Bank di dunia Android, sekaligus menjadi aplikasi unggulan mereka. Aplikasi ini menyasar dunia ilmu gizi dan ditujukan khusus untuk ahli gizi. Ns Andro didesain secara khusus untuk memenuhi kebutuhan para ahli gizi, khususnya di bidang gizi klinik dikarenakan bahasa-bahasa yang digunakan di dalam aplikasi tersebut hanya akan dimengerti oleh profesi yang terkait. Terdapat 2 bahasa yang disediakan dalam aplikasi ini, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Bahasa tersebut akan otomatis terpilih tergantung pada bahasa yang digunakan di smartphone pengguna. Jika smartphone tersebut menggunakan bahasa Indonesia, maka bahasa dalam aplikasi ini pun secara otomatis akan memakai bahasa Indonesia. Selain itu akan menggunakan bahasa Inggris. Fitur-fitur yang disediakan pun bertujuan untuk membantu para ahli gizi menjalankan tugasnya agar menjadi lebih mudah, cepat, akurat dan efisien. Tidak disediakan fitur bantuan/keterangan/penjelasan karena sangat simpel dan mudah digunakan. Pencipta menganggap para ahli gizi profesionoal pasti akan mengerti semua isi dan maksud dari aplikasi ini karena materi-materi tersebut sudah pernah didapat sewaktu menjalani masa pendidikan. Tanpa pelatihan terlebih dahulu, masyarakat awan pasti akan kebingungan dalam menjalankan aplikasi ini. Jika para profesi kesehatan lain atau para kader kesehatan ingin menggunakan aplikasi ini, bisa belajar terlebih dahulu dengan ahli gizi terdekat yang ada atau bisa mengirim email dan mengajukan beberapa pertanyaan terkait aplikasi kepada pengembang (developer). Berikut tampilan utama Ns Andro

Tampilan utama "Ns Andro"

Ns Andro memiliki 4 menu utama. Berikut penjelasan masing-masing menu utama tersebut:


Kondisi Khusus

Menu “Kondisi Khusus” merupakan menu yang berisi tentang berbagai macam metode/cara dalam mengestimasi tinggi badan dan berat badan jika dalam kondisi normal, tinggi badan atau berat badan tersebut tidak dapat diukur menggunakan alat dan prosedur yang standar. Ahli gizi pasti sudah mengerti tentang aturan dan standar-standar yang digunakan dalam melakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Dalam pendidikannya dulu pun juga sudah pernah dibahas tentang metode-metode lain yang bisa digunakan dalam mencari tinggi dan berat badan pasien. Tidak akan saya jelaskan di sini, tetapi mungkin akan saya jelaskan pada postingan berikutnya. Berikut beberapa macam metode estimasi yang tersedia dalam aplikasi Ns Andro:

Perkiraan Tinggi Badan:
  1. Tinggi Lutut
  2. Arm Span
  3. Tabel Elbow Breadth
  4. Demispan
  5. Ulna
Perkiraan Berat Badan:
  1. Amputasi
  2. Odem
  3. Perkirann BB dengan TL dan LILA
  4. Perkirann BB untuk Lansia (>= 65 tahun)
  5. HAMWI


Tampilan menu "Kondisi Khusus"

Status Gizi

Menu “Status Gizi” merupakan menu yang berisi tentang berbagai macam cara dalam menentukan status gizi seseorang. Status gizi seseorang ditentukan oleh beberapa hal, diantaranya adalah usia, tinggi badan, berat badan, dsb. Setiap golongan usia mempunyai cara tersendiri dalam menentukan status gizinya. Orang Barat (Eropa, Amerika) secara alami memiliki postur tubuh yang lebih besar ketimbang orang Timur (Asia). Oleh karena itu, kriteria (cut-off) yang digunakan dalam menentukan status gizinya pun berbeda. Dalam aplikasi ini, pengguna bisa memilih sendiri cut-off yang digunakan apakah memakai cut-off dari WHO atau Indonesia tergantung tempat tinggal pengguna. Di bawah ini adalah beberapa macam cara yang tersedia dalam aplikasi Ns Andro. Penjelasan masing-masing cara tersebut akan diterangkan pada postingan yang berbeda.

Daur Kehidupan:
  1. IMT untuk usia dewasa (>19 tahun)
  2. IMT/U, BB/U untuk usia anak dan remaja (5-19 tahun)
  3. BB/U, TB/U,BB/TB, IMT/U untuk usia bayi dan balita (0-5 tahun)
  4. Penambahan berat badan untuk ibu hamil
Indikator Lainnya:
  1. LILA/U
  2. Lingkar kepala/U
  3. Subscapular/U
  4. Tricep/U

Tampilan menu "Status Gizi"


Kebutuhan Energi

Hampir sama seperti menu “Kondisi Khusus”, menu “Kebutuhan Energi” ini berisi tentang berbagai macam rumus perkiraan kebutuhan energi seseorang. Idealnya kebutuhan energi seseorang diukur menggunakan sebuah alat yang disebut calorimeter. Namun tidak semua orang atau instansi punya alat ini. Karena itu beberapa orang ahli mencoba mengembangkan rumus yang bisa digunakan untuk mengestimasi kebutuhan energi seseorang berdasarkan data dirinya (tinggi badan, berat badan, usia, dll). Berikut beberapa macam rumus yang tersedia dalam aplikasi Ns Andro:

Perkiraan Energi:
  1. Harris-Benedict
  2. Mifflin-St. Jeor
  3. Schofield
  4. Ireton-Jones
  5. Penn State
  6. Perhitungan WHO
  7. Journal PN/EN Nutrition
  8. PERKENI 2015
  9. KKal/Kg Berat Badan
Pengaturan Energi:
  1. Persen Energi
  2. Target Penurunan/Kenaikan Berat Badan

Tampilan menu "Kebutuhan Energi"

Kebutuhan Zat Gizi

Selain energi, manusia juga memerlukan berbagai macam zat gizi lainnya seperti protein, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral dan cairan. Menu “Kebutuhan Zat Gizi” berisi tentang cara untuk menghitung kebutuhan tersebut. Sampai saat tulisan ini dibuat, baru kebutuhan zat gizi makro (protein, lemak, karbohidrat) dan cairan yang tersedia dalam aplikasi Ns Andro. Perhitungan tersebut mencakup perhitungan Non-Protein Energy (energi bukan dari protein).


Tampilan menu "Kebutuhan Zat Gizi"



Selain keempat menu utama tersebut, Ns Andro juga dilengkapi dengan 2 menu tambahan. Berikut penjelasan masing-masing menu tambahan tersebut:

Konverter Satuan

Menu ini mungkin lebih cocok digunakan untuk para akademisi yang sedang belajar ilmu gizi. Meski tidak menutup kemungkinan para ahli gizi profesional juga akan menggunakannya. Jika kita membaca referensi (buku, jurnal, website, dll) dari luar negeri, kita pasti akan sering menemukan satuan yang tidak umum didengar di Indonesia. Contohnya untuk berat badan, orang Barat lebih suka menggunakan satuan pound (lbs), tinggi badan menggunakan satuan kaki (ft). Disitulah peran menu “Konverter Satuan” ini menjadi penting. Berikut beberapa macam satuan yang tersedia untuk di konvert dalam aplikasi Ns Andro:
  1. Berat
  2. Panjang
  3. Volume (Padat)
  4. Volume (Cair)
  5. Energi
  6. Suhu
  7. Garam
  8. Elektrolit
  9. Plasma
  10. Prefix


Tampilan menu "Konverter Satuan"

Perhitungan Umur

Ada 2 macam submenu yang tersedia dalam menu ini, yaitu “Perhitungan Umur” dan “Koreksi Umur untuk Bayi Prematur”. Submenu “Perhitungan Umur” merupakan submenu yang digunakan untuk mengetahui umur seseorang berdasarkan tanggal lahirnya dihitung dari tanggal sekarang (tanggal aplikasi tersebut digunakan). Sedangkan “Koreksi Umur untuk Bayi Prematur” digunakan untuk mengkoreksi umur sebenarnya dari bayi yang lahir prematur. Koreksi umur inilah yang akan digunakan sebagai patokan dalam melakukan penilaian tumbuh kembang anak sampai pada batas usia tertentu.

Tampilan menu "Perhitungan Umur"


Demikianlah penjelasan secara singkat tentang menu-menu yang terdapat di dalam aplikasi Ns Andro. Penggunaannya pun sangat gampang, tinggal masukkan data yang dibutuhkan (tinggi badan, berat badan, usia, dll), kemudian klik tombol analisis dan hasilnya akan keluar di bawahnya. Berikut contoh beberapa tampilan yang ada di dalam Ns Andro:


Beberapa Tampilan dalam Aplikasi "Ns Andro"



Perlu dipahami bahwa aplikasi ini tidak dibuat untuk menggantikan peran ahli gizi, tetapi lebih kepada membantu para ahli gizi dalam menjalankan tugas dan kewajibannya sebagai ahli gizi, khususnya gizi klinik. Bisa dibilang sebagai kalkulator ahli gizi klinik. Di dalamnya, masih terdapat beberapa keputusan yang harus diambil oleh ahli gizi seperti menentukan berapa faktor aktivitas dan faktor stres, memilih metode atau rumus mana yang digunakan, dsb.

Bagi yang penasaran dan ingin melihat aplikasinya, bisa download di sini. Jika linknya gagal, bisa search secara langsung di google play dengan kata kunci “Ns Andro” . Jika ada pertanyaan, kritik, saran, masukan, ide, unek-unek, dan lain sebagainya, bisa kirim langsung ke email developernya (nutrisoftbank@gmail.com). Pada postingan berikutnya, saya akan mencoba membahas aplikasi lain dari Nutrisoft Bank, yaitu Nutrient Content Count. Semoga informasi ini bermanfaat..
"Sebagus apapun sebuah program, dia hanyalah serangkaian perintah logika yang tidak memiliki kehendak dan perasaan.."

Salam...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar